6 Mar 2012

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Balita


Pertumbuhan balita dari awal ia lahir dari hari ke hari tentu tidak akan terlewatkan begitu saja, terutama bagi seorang ibu. Mengikuti dan memperhatikan perkembangan buah hati memang sangat menyenangkan terlebih lagi apabila Anda adalah orangtua baru. Melihat proses tumbuh kembang buah hati secara bertahap tentu akan menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan.

Tidak semua balita memiliki tingkat pertumbuhan yang sama, karena tentu berbeda-beda faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya. Secara umum ada dua hal yang mempengaruhi pertumbuhan balita 2-5 tahun, yaitu

1.      Faktor Biologis

Salah satu faktor biologis yang mempengaruhi pertumbuhan balita adalah faktor genetic. Faktor genetic menjadi penentu terbentuknya individu yang dapat diartikan sebagai faktor bawaan dari orang tuanya. Faktor genetic adalah modal dasar yang menentukan hasil akhir proses tumbuh kembang.

2.      Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan balita antara lain adalah :

·        Lingkungan Biologis.

Yang termasuk dalam faktor lingkungan biologis adalah Ras/suku bangsa, Umur, Gizi, Perawatan kesehatan, dan penyakit. Anakyang memiliki penyakit menahun akan terganggu pertumbuhan dan pendidikannya.

·        Lingkungan Fisik.

Yang termasuk dalam factor lingkungan fisik adalah cuaca, musim, keadaa geografis daerah, dan sanitasi. Sanitasi memegang peranan penting dalam pertumbuhan balita karena apabila sanitasi buruk dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit.

·        Lingkungan Psikososial

Yang termasuk dalam factor lingkungan psikososial adalah stimulasi, motivasi belajar, stres, dan kualitas anak dan orang tua. Jenis stress yang dapat menghambat pertumbuhan balita antara lain, rendah diri, terlambat bicara, atau nafsu makan menurun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar