11 Nov 2011

Pemenuhan Gizi pada Balita

Usia dibawah 5 tahun atau balita merupakan usia penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. Pada usia ini, anak masih rawan dengan berbagai gangguan kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Secara psikologis, karakter anak sangat ditentukan pada saat anak berusia dibawah 5 tahun. Sebagai contoh jika balita sering diejek maka kemungkinan besar dia akan tumbuh menjadi anak yang kepercayaan dirinya kurang. Demikian juga anak yang selalu ditekan dengan ancaman, anak akan tumbuh menjadi anak yang penakut. Namun apabila anak dididik dengan arahan yang benar maka anak akan tumbuh menjadi anak kepercayaan dirinya tinggi karena sejak kecil dia merasa dihargai oleh lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga.



Salah satu faktor yang menentukan kesehatan seorang anak adalah keadaan gizinya. Pertumbuhan anak pada masa balita sangat pesat, sehingga kebutuhan gizi pada balita kita harus diperhatikan dengan benar. Disisi lain, alat pencernaan anak pada usia ini belum berkembang dengan sempurna. Karena itu, pengaturan dan perencanaan menu makanan harus disusun dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kesehatannya.



Kebutuhan gizi pada balita harus diberikan dengan seimbang yaitu gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh melalui makanan sehari-hari sehingga tubuh bisa aktif, tidak terganggu penyakit, dan tubuh tetap sehat. Gizi yang seimbang dapat dipenuhi dengan pemberian makanan sbb:



1.      Sumber Hidrat Arang

Beras, Roti, kentang, Makaroni, Tepung Beras, Terigu, Tepung Maizena, Tepung kacang hijau, havermout, Singkong, Jagung, Ubi dll.



2.      Sumber Protein

Susu, Ayam, Daging, Hati, Keju, Ikan, Tahu, Tempe, Kacang-kacangan, dsb.



3.      Sumber Vitamin Dan Mineral

Sayuran : Bayam, Labu siam, Labu KUning, Kangkung, Wortel, Buncis, Oyong, dll.
Buah-buahan : Melon, Pepaya, Air Jeruk, Jambu Air, Avokad, Pisang, dll.



Untuk pemenuhan gizi pada balita, menu seimbang perlu disusun dari ketiga golongan bahan makanan di atas yang jumlah kalorinya disesuaikan umur ( Batita kurang lebih 1300 kalori sedang Balita Umur 4-5 tahun 1500 Kalori)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar